Analisis Hasil survey
“Penggunaan
Teknologi Internet pada Media Pembelajaran”
Dalam
kelas mata kuliah psikologi, saya mendapat pengalaman dan pelajaran baru yaitu
dalam membuat survey online yang berkaitan dengan psikologi serta
implikasinya pada bidang IT. Survey ini dilakukan sehubungan dengan
pemenuhan tugas mata kuliah Psikolog. Tujuan dari survey ini yaitu untuk
mengetahui seberapa besar pentingnya penggunaan Teknologi pada Media Pembelajaran
dan hal - hal yang mempengaruhi pola pikir dan kepribadian Mahasiswa.
Jumlah
respondennya yaitu sebanyak 31 orang yang semuanya merupakan mahasiswa
Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas
Sumatera Utara.
Berikut
hasil analisis survey yang telah dilakukan :
Pertanyaan
1
Apakah
anda mempunyai laptop / komputer / atau gadget lainnya yang mendukung media
pembelajaran anda?
(jawaban
Yes atau No)
Analisis :
Yes : 100%
No : 0%
Kesimpulannya Semua
mahasiswa memiliki mempunyai laptop / komputer / atau gadget lainnya untuk
mendukung media pembelajaran mereka.
Pertanyaan 2
Pentingkah
laptop / komputer / atau gadget lainnya dalam media pembelajaran?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis : Semua mahasiswa mengatakan bahwa laptop
/ komputer / atau gadget sangat penting sebagai sarana media
pembelajaran. Karena telah masuk pada level kebutuhan. Banyak mata kuliah
yang memang harus menggunak an laptop/komputer, yaitu mata kuliah yang
berkaitan dengan pemrograman. Mata kuliah yang tidak berkaitan dengan
pemrograman juga membutuhkan laptop / komputer / atau gadget lainnya
untuk menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan dosen.
Pertanyaan 3
Apakah
penggunaan gadget tersebut mempengaruhi pola pikir dan kepribadian seseorang
dalam belajar?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis :
1 responden tidak
menjawab
30 responden mengatakan
bahwa gadget tersebut mempengaruhi pola pikir dan kepribadian seseorang dalam
belajar. Beberapa contoh perubahan pola pikir yang dapat disimpulkan :
- Mahasiswa menjadi pribadi yang suka instan dalam mengerjakan sesuatu
- Mahasiswa menjadi lebih malas karena dengan adanya kemudahan yang diberikan gadget tersebut. Contonhnya merekah lebih memilih ‘googling’ tugas di internet daripada membacanya di buku atau mencarinya di perpustakaan.
- Ada juga yang merasa bahwa mereka menjadi lebih kreatif karena banyak fitur – fitur dan aplikasi – aplikasi yang mendukung pembelajaran.
Pertanyaan
4
Apakah
anda memiliki e-mail?
(jawaban
Yes atau No)
Analisis :
Yes : 100%
No : 0%
Kesimpulannya yaitu Semua
mahasiswa memiliki email
Pertanyaan 5
Seberapa
banyak dosen anda yang memberikan tugas dan dikirimkan melalui email?
(pilihan
jawaban ‘Beberapa Dosen’,’ Semua Dosen ‘, ‘Tidak Ada’)
Analisis :
Beberapa Dosen :
30 responden
Semua Dosen
: 1 responden
Tidak Ada
: 0
Kesimpulannya yaitu
Beberapa dosen memanfaatkan saran email untuk pengiriman tugas.Pertanyaan 6
Pernahkah
anda mengalammi belum mengirimkan tugas tetapi sudah mendekati deadline?
Bagaimana perasaan anda dan apa yang anda lakukan untuk menyelesaikan
permasalahan ini?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis :
Belum pernah
: 2 responden , karena mereka menyelesaikan tugas sebelum
mendekati deadline.
Sering
: 2 responden
Kesimpulannya yaitu bagi
responden yang sering dan pernah mengalaminya rata – rata mengalami perasaan
gelisah, khawatir, dan panik ketika waktu pengumpulan tugasnya sudah mendekati
deadline. Kemudian berikut solusi – solusi yang sudah saya rangkum dari survey
berdasarkan pernyataan mahasiswa :
- Meminta bantuan teman agar lenih mudah mngerjakan
- Meninggalkan pekerjaan lain dan fokus terhadap tugas tersebut supaya cepat terselesaikan
- Mencari jawaban tugas di internet agar lebih praktis dan cepat
- Mongcopy paste dari teman
- Terlambat mengirimkan tugas kemudian meminta maaf kepada dosen yang bersangkutan
Pertanyaan 7
Apakah
efisien pengumpulan tugas dilakukan dengan cara dikirim melalui email?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis
: 27 responden mengatakan efisien, karena lebih mudah dalam pengumpulannya dan
menghemat waktu, paperless atau tidak membuang – buang kerta, dan dapat
dikerjakan dimana saja sehingga lebih nyaman.
5 responden mengatakan
tidak efisien dan kurang efisien, karena adany a kendala seperti, koneksi
internet yang tidak lancar, akses internet, dan kemungkinan tugas yang
dikirimkan melalui e-mail tersebut tidak masuk.
Pertanyaan 8
Pilih
media sosial dibawah ini yang anda miliki
(pilihan
‘Facebook’, ‘Twitter’, ‘Blog/Wordpress’, ‘dll’)
Analisis :
- Facebook : Semua respnden memiliki akun Facebook
- Twitter : 28 responden memiliki akun Twitter
- Blog/Wordpress : 28 responden memiliki Blog/Wordpress
- Dll : 5 responden memiliki akun media sosial lainnya
Pertanyaan 9
Adakah
dari media sosial yang anda pilih menjadi media pembelajaran anda di kampus?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis
:
Dari beberapa media
sosial yang responden miliki, hanya ada 2 sosial media yang menjadi media
pembelajaran mereka yaitu facebook dan blog/wordprees.
- Facebook : digunakan untuk sarana diskusi dengan pembuatan grup, share file – file mata kuliah yang diberikan dosen, penyebaran info tugas dan segala yang berhubungan denga kegiatan kampus serta media untuk mendapatkan informasi umu.
- Blog/Wordpress : merupakan tuntutan mata kualiah yang diberikan dosen sebagai sarana pemostingan tugas, saharing informasi dan membantu proses belajar.
Pertanyaan 10
Menurut
anda apakah Teknologi Internet mempermudah pembelajaran? dan adakah pengaruhnya
dengan cara berfikir anda?
(jawab
dan jelaskan dengan singkat)
Analisis : Semua responden mengatakan bahwa Teknologi Internet sangat mempengaruhi cara berfikir mereka. Dari semua jawaban yang di berikan responden, saya dapat menyimpulkan perubahan tersebut kedalam dua bagian :
Analisis : Semua responden mengatakan bahwa Teknologi Internet sangat mempengaruhi cara berfikir mereka. Dari semua jawaban yang di berikan responden, saya dapat menyimpulkan perubahan tersebut kedalam dua bagian :
- Dampak Positif : Adanya Teknologi Internet membuat mahasiswa menjadi banyak ingin tahunya, terpacu untuk berfikir cepat, berfikir menjadi lebih luas, dan menganggap semua tugas itu mudah, karena search engine membantu dan mempermudah menyelesaikannya.
- Dampak Negatif : Sedangkan dampak negatif dari adanya Teknologi Internet yaitu membuat mahasiswa menjadi malas membaca buku dan cenderung tergantung kepada search engine.
Testimoni
Survey
online ini merupakan pengalaman pertama saya dan sebagai pembelajarannya
kedepan nantinya. Survey ini nampaknya lebih mudah untuk di lakukan dan
menghemat biaya dibandingkan dengan survey yang di biasanya di isi langsung
oleh responden, karena survey online ini hanya membutuhkan jaringan internet
dan perangkat komputer tanpa perlu memprint questioner. Survey ini juga lebih
akurat dan mudah di pahami karena responden bisa mengisi pertanyaan –
pertanyaan dimana saja dia mau, sehingga jawaban – jawaban yang diberikan akan
lebih baik. Sehingga lebih mudah untuk di ambil kesimpulannya. Menurut saya,
perlu bagi mahasiswa untuk bisa melakukan survey online ini karena akan sangat
membantu dalam melakukan penelitian nantinya yang menggunakan metode
questioner.
0 komentar:
Posting Komentar