Selasa, 19 Maret 2013

SENSASI DAN PERSEPSI


Hallo dung,
kali ini ade mau ngasih informasi mengenai SENSASI DAN PERSEPSI. Ada yang tertarik? yang mana yang mana? iyak yang diujung sana mana suaranyaaa?? *pffft -_-".

Sebelum bermain-main dengan gambar ilusi, baiknya kita tau dulu apa itu sensasi dan persepsi. Baiklah cekidot !

Sensasi adalah proses menangkap stimuli melalui alat indra. Berasal dari kata sense, yg berarti alat indra, yg menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Misalnya apakah dunia terlihat “berwarna” cerah, pucat, atau hitam, semuanya adalah persepsi manusia yang bersangkutan.

Persepsi adalah proses aktif dari manusia dalam memilah, mengelompokkan, serta memberi makna pada informasi yang di terimanya. Misalnya, ketika seseorang melihat (menggunakan indera visual, yaitu mata) sebuah benda berwarna merah, maka ada gelombang cahaya dari benda itu yang ditangkap oleh organ mata, lalu diproses dan ditransformasikan menjadi sinyal-sinyal di otak, yang kemudian diinterpretasikan sebagai “warna merah”.

Stimulus : Indera Penglihatan (Mata)
Ini beberapa gambar yang sudah saya praktikan sendiri untuk menguji bagaimana sensasi dan persepsi pada alat indra penglihatan saya.

  • Coba Perhatikan kedua kubus, kemudian perhatikan kubus abu-abu pada kedua gambar. Mana yang lebih gelap?

Mata normal kita berangggapan bahwa kubus abu-abu pada warna kuninglah yang lebih gelap. Tetapi pada nyatanya tidak. Kedua kubus abu-abu tersebut memiliki warna yang sama persis. 

  • Bagaimana dengan ini. Apa yang anda lihat?




Ketika saya melihat gambar ini, yang pertama kali terlintas di pikiran saya yaitu persepsi bahwa gambar tersebut adalah gambar seorang kakek tua berjenggot putih. Tetapi dalam hitungan detik saya melihat gambar seorang lelaki menunggang kuda yang sedang melihat seseorang yang tidur ditanah. Bagaimana dengan persepsi anda?

  • Masih menarik? Perhatikan baik-baik ! Gambar apakah dibawah ini?


Gambar hutan dengan kali (sungai kecil) ditengahnya dan 2 orang sedang menunggang kuda. Yaaap !! kalian benar. Tapi tunggu dulu, perhatikan lagi dengan seksama ! Bisakah kalian melihat beberapa wajah manusia pada dedaunan, batu, bahkan airnya? ada berapa banyak? Kalau yang saya lihat sendiri ada 10 wajah orang disana. Sudah mulai pusing? :D
  • Rileks, mari kita coba dengan gambar yang lebih mudah


Maju mundurkan kepala anda sambil melihat gambar tersebut !
Apa yang anda lihat? Mata normal anda akan mengatakan gambar lingkaran-lingkaran hitam dan putih ditengah bergerak. Semakin anda menjauhkan kepala anda, semakin gelap lingkaran berwarna hitam tersebut. Benar? Atau anda memiliki persepsi lain?

  • Gambar terakhir. Lihat dan perhatikan baik-baik !


Gambar seorang pria berambut panjang dan berjenggot. Anda tidak salah. Tatapi ada gambar lain disitu. Perhatikan lagi !! Benaar, wanita hamil yang sedang membaca buku dan didepannya ada tirai. Sekarang anda bisa melihat kedua gambar tersebut, tetapi anda tidak bisa melihatnya secara bersamaan. Pasti ada satu gambar yang anda fokuskan. :)

Stimulus : Indera Penciuman (Hidung)
Sudah puas beramain-main dengan indera penglihatan anda? bagaimana dengan indera penciuman anda? Berikut beberapa pengalaman saya...
  • Ketika saya sedang asik menonton tv diruang tamu, tiba-tiba saya mencium aroma hangus. Bau hangus tersebut merupakan sensasi yang saya rasakan. Tiba sampai disitu saja, aroma hangus tersebut tidak saya biarkan berlalu begitu saja. Kemudian saya berfikir "darimanakah bau hangus tersebut?". Dan persepsi saya adalah 'mungkin ikan yang mama saya goreng hangus'. Dan kemudian saya cepat-cepat ke dapur dan menemukan ikan yang masih didalam kuali dengan kompor menyala dan hanguusss, dan mama saya entah kemana -_-"
  • Pengalaman kedua yaitu ketika saya jalan keluar dari gang. Kemudian saya merasakan sensasi bau busuk, amis dan menyengat. Saya beranggapan bahwa ada tikus mati disekitar jalan yang saya lalui, karena di gang saya banyak tikus dan tikus-tikus tersebut sering terlanggar kendaraan yang lewat. Ketikan saya melihat kesebelah kanan saya, ternyata benar, ada tikus mati yang sudah penyet akibat terlanggar. *malangnya nasibmu leeh leeh..

Stimulus : Indera Pendengaran (Telinga)
Indera pendengaran. Hmmm pengalaman saya...

  • Pernah dengar 'bisik-bisik tetangga'? :D. Nah jadi ketika saya dikelas waktu smk, teman yang duduk disebelah saya sedang berbisik-bisik dengan teman disebelahnya lagi. Dan saya mendengar mereka menyebutkan nama 'ADE' sambil melirik-lirik kearah saya:/. Dia bicarain adeee? emang artis pake dibicarain segala -_-". Sensasi yang saya rasakan yaitu sebeeeeel rek, penasaraaan. Kemudian saya berpersepsi 'pasti mereka bicarain yang buruk-buruk tu, kalo gak ngapain pake bisik-bisik segala'. hihihi *curhat
  • Bagaimana dengan sensasi dan persepsi indera pendengaran anda?

Stimulus : Indera Perasa (Lidah)
Lidah lidah lidaaah.. Yuhuuu masuk ke indera perasa. Pengalaman saya  

  • Suatu ketika saya makan burger yang baru saya beli, pada gigitan pertama saya sensasi yang rasakan ada sesuatu yang sangat asam. Ternyata asam tersebut berasal dari saus yang terdapat pada burger tersebut. Kemudian saya beranggapan bahwa saus tersebut merupakan saus tomat.
  • Suatu hari ketika saya sarapan dengan menu telur dadar. Sensasi yang saya rasakan yaitu rasa telur yang sangat teramat asin, dan kemudian memuntahkannya karena saya tidak suka asin. Kemudian saya mengambil kesimpulan "Ini ibuk kos minta kawin lagi kali yaaa -_- ? "
  • Bagaimana dengan sensasi dan persepsi indera perasa anda?


Stimulus : Indera Peraba (Kulit)
Yang terakhir indera peraba. Kulit. Pengalaman saya..
  • Papa saya yang kenyataan bukan seorang chef memberikan pengalaman hampir luar biasa pada kulit saya. Pernah papa memasak telur mata sapi buat saya, kemudian ketika hendak meletakkan kepiring yang saya pegang dengan ala-ala chefnya, terlemparlah telur tersebut ke tangan saya, bukan kepiring yang saya pegang :(. Sensasi yang saya rasakan ruaaaaar biasaaa terkejut dan refleks mencampakkan piring yang saya pegang, akibat minyak yang terdapat pada telur yang masih sangat panas. Sedangkan persepsi saya terhadap papa yaitu, pertama 'apa yang sudah ade lakukan ke papa, sampai papa berbuat begini kepada ade hiks hiks', persepsi kedua 'papa bukan chef handal -_-"'.
  • Bagaimana dengan sensasi dan persepsi indera peraba anda?


Ade sudah memberikan beberapa contoh dari masing-masing stimulus (panca indera). Mudah-mudahan bisa  membuat kita lebih paham mengenai sensasi dan persepsi serta menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi kita. Mau berbagi pengalaman? komen aja yaaaa, jangan sungkan-sungkan ;). Maaf kalo ada typo ya dung dung :D. Bubyeeeee..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2013 Around My World