Kamis, 28 Maret 2013

Analisis Hasil Survey


Analisis Hasil survey
“Penggunaan Teknologi Internet pada Media Pembelajaran”


Dalam kelas mata kuliah psikologi, saya mendapat pengalaman dan pelajaran baru yaitu dalam membuat survey online yang berkaitan dengan psikologi serta implikasinya pada bidang IT.  Survey ini dilakukan sehubungan dengan pemenuhan tugas mata kuliah Psikolog. Tujuan dari survey ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pentingnya penggunaan Teknologi pada Media Pembelajaran dan hal - hal yang mempengaruhi pola pikir dan kepribadian Mahasiswa.

Jumlah respondennya yaitu sebanyak 31 orang yang semuanya merupakan mahasiswa Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara.

Berikut hasil analisis survey yang telah dilakukan :

Pertanyaan 1
Apakah anda mempunyai laptop / komputer / atau gadget lainnya yang mendukung media pembelajaran anda?
(jawaban Yes atau No)
Analisis      :
Yes    : 100%
No     : 0%
Kesimpulannya Semua mahasiswa memiliki mempunyai laptop / komputer / atau gadget lainnya untuk mendukung media pembelajaran mereka.

Pertanyaan 2
Pentingkah laptop / komputer / atau gadget lainnya dalam media pembelajaran?
(jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis      : Semua mahasiswa mengatakan bahwa laptop / komputer / atau gadget sangat penting sebagai sarana media pembelajaran. Karena telah masuk pada level kebutuhan. Banyak mata kuliah yang memang harus menggunak an laptop/komputer, yaitu mata kuliah yang berkaitan dengan pemrograman. Mata kuliah yang tidak berkaitan dengan pemrograman juga membutuhkan  laptop / komputer / atau gadget lainnya untuk menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan dosen.

Pertanyaan 3
Apakah penggunaan gadget tersebut mempengaruhi pola pikir dan kepribadian seseorang dalam belajar?
(jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis      :
1 responden tidak menjawab
30 responden mengatakan bahwa gadget tersebut mempengaruhi pola pikir dan kepribadian seseorang dalam belajar. Beberapa contoh perubahan pola pikir  yang dapat disimpulkan :
  •      Mahasiswa menjadi pribadi yang suka instan dalam mengerjakan sesuatu
  •    Mahasiswa menjadi lebih malas karena dengan adanya kemudahan yang diberikan gadget tersebut. Contonhnya merekah lebih memilih ‘googling’ tugas di internet daripada membacanya di buku atau mencarinya di perpustakaan.
  •      Ada juga yang merasa bahwa mereka menjadi lebih kreatif karena banyak fitur – fitur dan aplikasi – aplikasi yang mendukung pembelajaran.

Pertanyaan 4
Apakah anda memiliki e-mail?
(jawaban Yes atau No)
Analisis      :
Yes    : 100%
No     : 0%
Kesimpulannya yaitu Semua mahasiswa memiliki email


Pertanyaan 5
Seberapa banyak dosen anda yang memberikan tugas dan dikirimkan melalui email?
(pilihan jawaban ‘Beberapa Dosen’,’ Semua Dosen ‘, ‘Tidak Ada’)
Analisis      :
Beberapa Dosen   : 30 responden
Semua Dosen       : 1 responden
Tidak Ada            : 0
Kesimpulannya yaitu
Beberapa dosen memanfaatkan saran email untuk pengiriman tugas.

Pertanyaan 6
Pernahkah anda mengalammi belum mengirimkan tugas tetapi sudah mendekati deadline? Bagaimana perasaan anda dan apa yang anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini?
 (jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis      :
Belum pernah       : 2 responden , karena mereka menyelesaikan tugas sebelum mendekati deadline.
Sering                   : 2 responden
Kesimpulannya yaitu bagi responden yang sering dan pernah mengalaminya rata – rata mengalami perasaan gelisah, khawatir, dan panik ketika waktu pengumpulan tugasnya sudah mendekati deadline. Kemudian berikut solusi – solusi yang sudah saya rangkum dari survey berdasarkan pernyataan mahasiswa :

  •         Meminta bantuan teman agar lenih mudah mngerjakan
  •     Meninggalkan pekerjaan lain dan fokus terhadap tugas tersebut supaya cepat  terselesaikan
  •         Mencari jawaban tugas di internet agar lebih praktis dan cepat
  •         Mongcopy paste dari teman
  •    Terlambat mengirimkan tugas kemudian meminta maaf kepada dosen yang bersangkutan


Pertanyaan 7

Apakah efisien pengumpulan tugas dilakukan dengan cara dikirim melalui email?
(jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis      : 27 responden mengatakan efisien, karena lebih mudah dalam pengumpulannya dan menghemat waktu, paperless atau tidak membuang – buang kerta, dan dapat dikerjakan dimana saja sehingga lebih nyaman.
5 responden mengatakan tidak efisien dan kurang efisien, karena adany a kendala seperti, koneksi internet yang tidak lancar, akses internet, dan kemungkinan tugas yang dikirimkan melalui e-mail tersebut tidak masuk.


Pertanyaan 8

Pilih media sosial dibawah ini yang anda miliki

(pilihan ‘Facebook’, ‘Twitter’, ‘Blog/Wordpress’, ‘dll’)

Analisis  :  


  •        Facebook                   : Semua respnden memiliki akun Facebook
  •        Twitter                       : 28 responden memiliki akun Twitter
  •        Blog/Wordpress        : 28 responden memiliki Blog/Wordpress
  •        Dll                             : 5 responden memiliki akun media sosial lainnya


Pertanyaan 9

Adakah dari media sosial yang anda pilih menjadi media pembelajaran anda di kampus?
(jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis      :
Dari beberapa media sosial yang responden miliki, hanya ada 2 sosial media yang menjadi media pembelajaran mereka yaitu facebook dan blog/wordprees.


  •      Facebook    : digunakan untuk sarana diskusi dengan pembuatan grup, share file – file mata kuliah yang diberikan dosen, penyebaran info tugas dan segala yang berhubungan denga kegiatan kampus serta media untuk mendapatkan informasi umu.
  •     Blog/Wordpress   : merupakan tuntutan mata kualiah yang diberikan dosen sebagai sarana pemostingan tugas, saharing informasi dan membantu proses belajar.


Pertanyaan 10

Menurut anda apakah Teknologi Internet mempermudah pembelajaran? dan adakah pengaruhnya dengan cara berfikir anda?
(jawab dan jelaskan dengan singkat)
Analisis
      : Semua responden mengatakan bahwa Teknologi Internet sangat mempengaruhi cara berfikir mereka. Dari semua jawaban yang di berikan responden, saya dapat menyimpulkan perubahan tersebut kedalam dua bagian :
  •      Dampak Positif    : Adanya Teknologi Internet  membuat mahasiswa menjadi banyak ingin tahunya, terpacu untuk berfikir cepat, berfikir menjadi lebih luas, dan menganggap semua tugas itu mudah, karena search engine membantu dan mempermudah menyelesaikannya.
  •     Dampak Negatif   : Sedangkan dampak negatif dari adanya Teknologi Internet yaitu membuat mahasiswa menjadi malas membaca buku dan cenderung tergantung kepada search engine.


Testimoni
Survey online ini merupakan pengalaman pertama saya dan sebagai pembelajarannya kedepan nantinya. Survey ini nampaknya lebih mudah untuk di lakukan dan menghemat biaya dibandingkan dengan survey yang di biasanya di isi langsung oleh responden, karena survey online ini hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat komputer tanpa perlu memprint questioner. Survey ini juga lebih akurat dan mudah di pahami karena responden bisa mengisi pertanyaan – pertanyaan dimana saja dia mau, sehingga jawaban – jawaban yang diberikan akan lebih baik. Sehingga lebih mudah untuk di ambil kesimpulannya. Menurut saya, perlu bagi mahasiswa untuk bisa melakukan survey online ini karena akan sangat membantu dalam melakukan penelitian nantinya yang menggunakan metode questioner.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2013 Around My World